Untung Rugi Memiliki Dinding Kaca Transparan




Untung Rugi Memiliki Dinding Kaca Transparan 


Dinding merupakan salah satu bagian terpenting suatu bangunan. Dinding merupakan pembatas antara bagian dalam ruangan dengan bagian luar ruangan. Seiring dengan berkembangnya desain rumah atau bangunan, bahan dasar pembuatan dindingpun mulai beragam. Mulai dari yang hanya kayu, beton dan sekarang juga ada dinding yang terbuat dari kaca. Dinding kaca merupakan salah satu penerapan dari konsep desain modern. Penggunaan kaca untuk dinding juga akan menimbulkan kesan mewah serta elegan. Akan tetapi penggunaan dinding kaca juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut kelebihan dan kelemahan dinding dari kaca transparan.
Kelebihan:
-       Menghemat energi. Hal ini karena kita hanya perlu mengandalkan sinar matahari dari luar untuk pencahayaan pada pagi sampai sore hari.
-         Pemandangan dari luar bisa diakses dari dalam rumah.
-         Penggunaan kaca akan memebrikan kesan modern, elegan dan indah.
-         Mudah dibersihkan.
-      Tak lekang oleh waktu. Kaca memiliki tampilan yang indah dan terhindar dari kesan kuno, meski jaman telah berganti.
  
Kelemahan:
-    Harga mahal. Penggunaan kaca untuk dinding rumah memerlukan lebih banyak biaya dibandingkan dengan menggunakan batu bata atau bahan lainnya. Terutama jika kita menginginkan ukuran yang besar dan tanpa sekat.
-         Pemasangan harus menggunakan tenaga ahli dan presisi.
-        Bukan merupakan dinding struktural sehingga tidak bisa menahan beban yang berat, apabila terletak dilantai dasar rumah bertingkat.
-   Sinar matahari yang masuk, bukan hanya memberikan kesan terang saja. Tetapi juga memberikan kesan panas, terutama pada siang hari. Hal ini bisa diatasi dengan pemasangan tirai tipis sebagai penyaring panas.
-       Jika terjadi keruasakan seperti retak atau pecah, harus diganti seluruhnya.

Demikianlah untung rugi atau kelebihan dan kelemahan memiliki rumah dengan dinding kaca transparan. Semoga menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jenis dinding untuk rumah Anda.

Baca Juga:

*Semoga bermanfaat & Terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

PARTISI ATAU PEMBATAS RUANGAN

Membuat Balkon menjadi tempat yang nyaman

Macam-macam Jenis Blinds